Wednesday, September 5, 2012

Speaker Audio Mobil

speaker audio mobil
Speaker Audio Mobil

Mengganti speaker mungkin adalah cara termudah untuk meningkatkan kualitas audio mobil anda, karena speaker merupakan komponen utama yang menghasilkan suara dalam kendaraan anda.
 
Speaker standar mobil anda merupakan jenis speaker fullrange yang menghasilkan suara bass, treble, dan midrange secara bersamaan, sedangkan speaker aftermarket akan memberikan perubahan yang signifikan dalam audio mobil anda karena dilengkapi dengan tweeter, speaker midbas yang mengasilkan suara yang lebih detail. Dengan menggunakan speaker aftermarket akan didapatkan kualitas suara yang lebih baik dan tetunya lebih nyaman untuk didengar.
 
Speaker standar biasanya terbuat dari bahan paper cone tipis, dan bahan busa murah yang  tidak akan menghasilkan suara yang maksimal. Kualitasnya akan terus menurun karena pemakaian, kelembapan udara dan bahkan sinar matahari. Speaker aftermarket biasanya tebuat dari Kevlar, karet, polimer komposit (seperti polypropylene), film Mylar dan berbagai bahan lainnya. Tapi perlu diingat, bahan yang paling kuat dan tahan lama belum tentu menghasilkan suara audio mobil terbaik. Speaker yang terbuat dari bahan karet memberikan suara yang sangat baik serta tahan lama, bahan busa dan kain memiliki biaya pembuatan yang renda, namun masih menawarkan performa yang luar biasa.
 
Satu set speaker berkualitas bisa berharga beberapa ratus ribu saja tetapi ada juga yang berharga mahal karena arsitektur pembuatan dan bahan yang digunakan sangat kompleks dan berkualitas tinggi yang dapat anda miliki jika anda memiliki uang. tetapi perlu diingat bahwa tidak semua speaker mahal berarti memiliki suara yang baik.
 
Pilihlah speaker yang berkualitas dan sesuai dengan selera musik anda. Sesuaikan juga antara kebutuhan daya speaker dan sumber daya yang akan digunakan untuk menggerakkan speaker, apakah dari head unit atau power amplifier, karena hal ini akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari kualitas suara dalam audio mobil yang anda akan bangun.

Share