Wednesday, October 3, 2012

Head Unit Clarion CZ702A

Clarion CZ702A
Clarion CZ702A

Jika ingin mendapatkan kualitas suara yang berkualitas tinggi dalam audio mobil, atau ingin mengikuti berbagai kompetisi audio, upgrade yang biasa dilakukan adalah dengan menambakah sound processor sehingga setiap speaker dapat didrive secara aktif oleh power amplifier. Kemampuan untuk melakukan tuning secara mendetail pada processor terutama pada crossover, time alignment, dan equalizer memberikan nilai lebih pada suatu sistem audio mobil.  Tetapi terkadang memilih sound processor memiliki beberapa kendala, terutama pada generasi-generasi awal, yang harus di pasang dengan sangat hati-hati supaya tidak terjadi storing atau kendala-kendala lainnya.

Ada cara lain untuk mengatasi permasalahan ini, dengan menggunakan head unit keluaran terbaru dari Clarion yaitu Clarion CZ702A dengan berbagai fitur pendukung yang lengkap seperti active crossover, equalizer dan time alignment bisa membuat audio didalam mobil menjadi semakin nyaman untuk didengar. Kami akan mereview head unit keluaran terbaru dari clarion ini.

Head unit ini dibalut dengan finishing warna hitam glossy, dengan sedikit garis warna chrome pada bagian panelnya. Backlight pada tampilan head unit ini dapat diganti dengan berbagai warna sehingga bisa sesuai dengan interior didalam mobil. Tampilan display dua baris yang simple tetapi cukup informatif, serta tombol volume yang nyaman untuk dioperasikan dan dilengkapi dengan tombol kontrol yang simple pada bagian face plate. Dalam paket head unit ini juga terdapat remote control yang berfungsi untuk mengoperasikan head unit. 

Head unit ini dilengkapi dengan aux input pada bagian depan, mampu untuk memutar cd dan mp3, serta dilengkapi dengan connector USB pada bagian belakang yang dapat digunakan untuk usb drive atau ipod. Juga terdapat internal bluetooth reciever yang bisa dipairing dengan hand phone atau sebagai pemutar musik melalui streaming bluetooth

Semua fitur tersebut sudah sangat lengkap dan tentunya fitur utama yang kita cari dalam head unit audio mobil dapat kita lihat pada spesifikasi yang ditawarkan :

Time alignment 
  • 501.4cm in 2.3cm steps on all channels
Crossovers
  • 6 or 12dB / octave selectable slope
  • Phase normal / reverse selectable on all channels
  • All low pass and high pass filters can be individually bypassed 
Subwoofer           
  • Low Pass 25Hz – 10KHz
  • High Pass 16Hz – 250Hz
Midrange  
  • Low Pass 630Hz – 10KHz
  • High Pass 25Hz – 10KHz
High                       
  • High Pass 25Hz – 20KHz    
Equaliser   
  • 5 Band Parametric
  • Each band can be individually bypassed
  • +/- 12dB gain
  • 20Hz – 20KHz selectable frequency
  • 1,3,5,7,20 selectable Q factor.        
Dengan spesifikasi diatas Clarian CZ702A bisa digunakan sebagai active crossofer 2 way plus subwoofer dan dilengkapi dengan crossover point yang cukup lengkap serta adanya fasilitas time alignment yang membuat head unit ini sangat mudah untuk dioperasikan dan juga menawarkan fleksibiltas penggunaan bagi para penggemar audio mobil.

Instalasi Head Unit
 
Jika sudah terbiasa untuk memasang head unit maka anda tidak akan menemukan kesulitan pada saat instalasi head unit ini tetapi jika belum pernah melakukan pemasangan head unit maka disarankan untuk mengubungi installer audio mobil langganan. Perkabelan sumber arus listrik dan speaker terdapat pada satu socket yang dapat dilepas dan terdapat socket rca berbalut emas untuk memastikan kebersihan dan kejernihan suara. Semua perkabelan ini memiliki label yang jelas sehingga memudahkan instalasi.
 
Saat pertama kali dinyalakan maka akan muncul opsi dari instalasi audio yang akan digunakan ada beberap opsi yaitu : normal (front, rear, subwoofer), 2 way (front high, front mid, dan rear), dan 3 way (front high, front mid dan subwoofer), setelah opsi ini kemudian akan muncul pilihan untuk menentukan corssover point serta slope yang akan digunakan, ini merupakan salah satu langkah penting karena tweeter biasanya sangat rentan untuk rusak jika tidak sengaja kemasukkan signal full range.
 
Test Drive Head Unit
 
Setelah proses instalasi kami tidak sabar untuk test drive head unit ini. Dalam posisi on dan cd telah dimasukkan kedalam player kami mendapati fungsi control dari head unit ini sangatlah mudah untuk dioperasikan dan bahkan untuk melakukan tuning suara pun sangatlah mudah. Untuk masuk kedalam menu pengaturan suara tinggal tekan tombol berlambang nada lagu, tekan makan akan masuk ke menu eq, balance dan fader control. Tekan sedikit lama maka akan masuk kedalam menu time alignment, crossover, gain speaker dan memmory setting. Untuk masuk ke setiap menu tekan tombol track forward/backward dan kemudian sesuaik masing-masing opsi dengan tombol volume. Satu fungsi control yang simple dan mudah digunakan untuk mengakses semua fitur yang disediakan head unit ini
 
Bukan hanya pengoperasian fungsi audio yang mudah, tetapi pada penggunaan ipod, usb drive atau cd pun sama mudahnya. Clarion menggunakan fitur yang simple dan sangat berguna, seprti tombol pause dan kemampuan untuk menggunakan ipod dengan mudah.
 
Ada beberapa kelemahan dari head unit ini beberapa diantaranya adalah eq bawaan yang sangat tidak memadai – untungnya teratasi dengan eq cutom. Proses pemutaran lagu kembali dari ipod yang cukup lama saat mobil dinyalakan.
 
Kualitas suara dari head unit ini sangat bagus,  sistem yang kami pasang bebas dari distorsi, hanya terdapat sedikit suara mengganggu pada saat turn on dan off , tetapi kami rasa permasalahan ini dapat diatasi dengan memperbaiki instalasi kabel-kabel yang ada. Imaging dan staging yang didapat pun sangat bagus. Tonal balance, kedetailan dan kejernihan suara juga sangat mengesankan.

Kesimpulan

Head unit clarion CZ702A memiliki fitur yang sangat lengkap dan kualitas yang bagus dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak banyak head unit audio mobil dipasaran yang memiliki fitur selengkap head unit ini dengan harga yang terjangkau. Jika ingin meningkatkan kualitas audio didalam mobil anda makah head unit ini merupakan salah satu pilihan yang sesuai.

Share